Nutrisi Pada Wortel Yang Jarang Di Ketahui

Wortel – Sayuran dengan bentuk oval memanjang berwarna oranye atau jingga ini dapat dengan mudah di dapatkan di pasar-pasar tradisional ataupun pasar modern. Harga wortel juga terjangkau dan murah namun memiliki kandungan nutrisi gizi yang sangat kaya.

Wortel biasanya di olah menjadi salah satu bahan untuk sup karena memiliki rasa yang manis dan membuat aroma pada sup lebih umami. Selain sup wortel juga sering di olah menjadi Jus , cake , nugget dan banyak lainnya lagi.

Kandungan per 100 gram dalam wortel :
Lemak 0,2 gram , Serat 2,8 gram , Karbohidrat 9,6 gram , Gula 4,7 gram , Air 88 Persen , Protein 0,9 gram dan Kalori 41.

Selain kandungan gizi , wortel juga mengandung beberapa senyawa yang bagus untuk kesehatan pada tubuh seperti:
Antosianin yaitu antioksidan kuat yang dapat melawan racun pada tubuh.
Lutein yaitu senyawa yang bagus untuk kesehatan mata.
Karetonoid adalah senyawa yang meningkatkan sistem kekebalan.
Alpha karoten yaitu senyawa yang diubah menjadi vitamin A.
Beta kaoren termasuk salah satu senyawa yang bagus untuk mata.
Likopen salah satu senyawa yang di yakini dapat menurunkan resiko kanker.

Masih ada juga kandungan serat yang terdapat pada wortel , kandungan serat yang tinggi dalam wortel sangat bagus untuk pencernaan. Serat larut atau pektin yang terdapat pada wortel berguna untuk memperlambat percernaan gula dan menurunkan gula darah pada seseorang. Selain serat larut wortel juga mengandung serat tidak larut seperti lignin , hemiselulosa dan selulosa yang dapat mengurangi resiko sembelit dan membantu buang air besar secara teratur.

Tidak ketinggalan kandungan vitamin dan mineral juga sangat tinggi . Kandungan mineral seperti kalsium , kalium , magnesium , folat dan fosfor terdapat pada buah satu ini . Dan vitamin yang terkandung antara lain Vitamin K1 , vitamin B6 dan primadonanya adalah vitamin A yang sangat tinggi terkandung pada sayur ini. Vitamin A banyak di ketahui salah satu kandungan yang dapat membuat atau menjaga mata tetap sehat dan berkerja dengan maksimal .

Berikut itulah kita mengenal  lebih jauh tentang wortel , semoga informasi ini bermanfaat!

Anda mungkin juga suka...