Bahaya Kelebihan Garam, Bukan Cuma Hipertensi

Sangat berguna bagi kehidupan kita. Garam memiliki kegunaan yaitu menambahkan rasa dan garam juga bisa digunakan untuk pengawetan makanan. Tetapi Apakah kamu tahu terdapat beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari kelebihan garam.

Garam mengandung sodium chloride atau biasa disebut dengan natrium klorida. Sodium merupakan hal yang penting untuk menunjang dan meningkatkan fungsi otot dan saraf. Klorida merupakan hal yang penting untuk membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan air dan mineral. 

Terlepas dari fungsi garam yang sangat penting jika garam dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak hal ini dapat menimbulkan efek samping kepada tubuh manusia.

Berikut merupakan penjelasan untuk macam-macam bahaya kelebihan garam.

Bahaya kelebihan garam

Kelebihan konsumsi garam akan menimbulkan efek samping jangka pendek dan juga dapat menimbulkan efek jangka panjang di kemudian hari. Berikut merupakan efek jangka pendek jika terjadi konsumsi garam yang berlebihan:

1. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Makanan yang mengandung garam yang tinggi dapat menyebabkan aliran volume darah pada pembuluh darah akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan tekanan darah dalam beberapa waktu akan mengalami kenaikan dan jika hal ini  dianggap sepele maka hal ini dapat mengakibatkan seseorang terkena hipertensi. Seperti yang kita ketahui bahwa hipertensi merupakan faktor terjadinya beberapa penyakit mematikan seperti dan gagal jantung.

2. Kelebihan cairan atau edema

Kelebihan cairan atau edema dapat diakibatkan dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi garam sehingga tubuh memiliki kelebihan cairan atau yang biasa disebut dengan edema.

Kelebihan cairan dapat terjadi dikarenakan kerja ginjal yang sudah berusaha untuk mempertahankan rasio antara natrium dan air di dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi pada banyak bagian tubuh seperti lengan, kaki, perut, sampai organ vital yaitu paru-paru. Kelebihan cairan atau edema dapat menyebabkan seseorang memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas. 

3. Munculnya rasa haus yang berlebih

Jika kita mengkonsumsi terlalu banyak garam Hal ini dapat mengakibatkan rasa haus yang berlebih karena Saat kita makan makanan yang memiliki garam yang berlebih hal itu dapat menyebabkan mulut kita kering dan kita mudah untuk haus. Hal ini akan menyebabkan badan atau tubuh secara otomatis menginginkan lebih banyak air untuk mempertahankan rasio natrium.