Manfaat Bengkuang


Bengkuang seringkali dijadikan bahan campuran kecantikan contohnya sebagai masker dan lulur. Hal ini karena bengkuang sendiri memiliki fungsi yang bisa memutihkan kulit yang kusam. Bengkuang juga kerap dijadikan sebagai campuran buah rujak. Namun tak hanya bisa manfaatkan untuk dikonsumsi saja loh buah bengkuang ini. Kamu bisa memanfaatkan khasiat dari nutrisinya untuk kesehatanmu.

Dalam buah bengkuang ini mengandung berbagai gizi, diantaranya:
Karbohidrat, gula, lemak, protein, serat, potasium, kalsium, dan vitamin C. Dalam 100 gr bengkuang hanya mengandung sekitar 38 kalori. Hal ini membuat bengkuang masuk kedalam makanan yang rendah kalori dan aman untuk program diet. Dari kandungan nutrisi diatas tentu bengkuang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat yang kita rasakan jika mengonsumsi bengkuang.

  • Menangkal radikal bebas
    Kandungan antioksidan dalam bengkuang dapat membantu memperbaiki kerusakan sel didalam tubuh. Dalam 130 gr bengkuang setara dengan jumlah kebutuhan harian vitamin antioksidanmu loh. Kandungan antioksidan dalam bengkuang ini berupa vitamin C, E, beta karoten, dan selenium. Dalam program diet, antioksidan ini berpengaruh dalam melawan stress osidatif dan mencegah berkembangnya penyakit kronis.
  • Meningkatkan kesehatan jantung
    Serat dalam bengkuang ini sangat bagus dalam menurunkan kadar kolesterol dengan cara mencegah penyerapan kembali empedu pada usus, dan juga menurunkan produksi kolesterol dalam hati. Bengkuang juga mengandung zat besi dan tembaga yang dapat memperlancar aliran darah dalam sirkulasi darah dalam tubuh kita.
  • Membantu melancarkan sistem pencernaan
    Serat dalam bengkuang ini dikenal dengan inulin dimana dapat membantu proses pengeluaran sisa makanan dalam tubuhmu. Serat ini dapat membuat tekstur tinjamu tidak keras sehingga kamu tidak mengalami kesusahan saat proses pencernaan nanti.
  • Sangat baik untuk bakteri di usus
    Serat inulin ini sangat baik intuk meningkatkan jumlah bakteri baik didalam usus dan membantu mengurangi bakteri jahat dalam usus. Dengan begini dapat memengaruhi sistem imunitas tubuh, berat badan, dan suasana hati.
  • Mencegah dehidrasi
    Bengkuang mengandung sekitar 85-90 persen air. Jika mengonsumsi bengkuang ini kamu dapat bantu memenuhi kebutuhan cairan harian didalam tubuhmu.
  • Menstabilkan gula darah dalam tubuh
    Mengonsumsi bengkuang dapat menghambat lonjakan gula darah. Ini tentu bagus untuk penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah inilah yang membantu mencegah naiknya gula darah.