MANFAAT BUAH KESEMEK

MANFAAT BUAH KESEMEK
1. Sumber Antioksidan Tinggi
Antioksidan adalah zat powerful yang berkontribusi besar bagi tubuh. Bahkan, antioksidan melindungi kita dari berbagai masalah kesehatan serius.

Zat antioksidan di dalam kesemek mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan dan ancaman radikal bebas. Dengan begitu, hal ini juga bisa membantu kita untuk tetap awet muda.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Penyakit jantung merupakan penyakit paling berbahaya yang telah membuat banyak orang di dunia kehilangan nyawa. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengonsumsi kesemek.

Buah dengan wujud asli mirip tomat ini memiliki nutrisi luar biasa yang mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Berkat zat antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol.

Kandungan kesemek membantu menurunkan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL), serta menurunkan tekanan darah dan inflamasi.

3. Makanan Tinggi Serat
Memakan makanan dengan kandungan serat tinggi adalah hal yang tak boleh dilewatkan setiap hari. Maka dari itu, wajib bagi kita mengonsumsi buah-buahan maupun sayuran, di mana kesemek termasuk di dalamnya.

Kandungan serat pada kesemek terbilang tinggi. Dan hal ini juga berdampak sangat baik bagi penurunan kadar LDL dalam tubuh.

Serat tinggi dalam kesemek juga baik untuk menjaga kadar gula dalam darah dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

4. Mendukung Kesehatan Mata
Selain untuk kesehatan jantung dan pencernaan, buah yang dikenal dengan nama persimmon ini juga mampu mendukung kesehatan penglihatan.

Hal itu dimungkinkan karena tingginya kandungan vitamin A di setiap satu buah kesemek yang kita konsumsi.

Vitamin A ini mendukung fungsi mebran konjungtiva dan kornea, serta menjadi bagian penting dari rhodopsin yang diperlukan untuk menjaga penglihatan normal.

5. Membantu Program Diet
Jika kamu tengah menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan yang berlebih, kesemek bisa menjadi salah satu buah yang dapat diandalkan.

Untuk mengonsumsinya sebagai menu diet, kamu bisa membuat kesemek menjadi bagian dalam salad buah, yogurt dan oatmeal, ataupun dimakan secara langsung.

6. Mempertahankan Sistem Metabolisme
Nutrisi yang terkandung dalam buah kesemek memiliki andil besar dalam menjaga sistem metabolisme tubuh kita. Bahkan khasiatnya diketahui dua kali lebih banyak dibandingkan apel.

7. Menjaga Kesehatan Hati
Tak hanya baik untuk jantung, kesemek juga berperan dalam menjaga kesehatan hati. Kandungannya menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel dalam hati serta membantu proses detoksifikasi.

8. Meningkatkan Sistem Imun
Karena kandungan vitamin C yang kaya di dalamnya, kesemek adalah buah yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga tidak gampang sakit.

Bahkan, diketahui bahwa kesemek adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi!

9. Menyehatkan Pencernaan
Berkat kandungan serat yang tinggi, buah kesemek mampu membuat sistem pencernaan kita tetap sehat. Karena membantu merangsang pergerakan usus, memadatkan feses, serta meredakan sembelit.

10. Baik untuk Diabetes
Kesemek bisa membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

11. Bantu Atasi Anemia
Kandungan copper atau tembaga yang ada di dalam kesemek dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Karena dengan nutrisi tersebut, zat besi bisa diserap secara lebih efektif oleh tubuh.