Kita Tidak Bisa Mengontrol Seseorang Tapi Kita Bisa Mengarahkan Seseorang 

Harapan memang kadang bekerja sebaliknya dengan kenyataan. Kadang apa yang kita harapkan dan ekspektasi kita yang sudah setinggi langit bisa dipatahkan seketika dengan yang kita lihat kenyataan yang terjadi adalah sebaliknya. Dan ini sering sekali terjadi. Bahkan rasanya semua orang merasakan hal yang sama. Dan semua orang rasanya akan mengakui hal tersebut. Sehingga banyak sekali ungkapan di luar sana yang mengatakan bahwa jangan pernah berekspektasi terlalu tinggi. 

Kita Tidak Bisa Mengontrol Seseorang Tapi Kita Bisa Mengarahkan Seseorang 

Atau jangan berekspektasi saat kita melakukan sesuatu. Jangan pernah menaruh harapan tinggi pada orang lain. Jangan berharap pada orang lain. Karena sekali kita berharap pada orang lain, maka bersiaplah untuk sakit hati. Bersiaplah untuk kecewa. Karena sekali kita berharap pada orang tua, pada saat itu kita juga akan bersiap untuk hal terburuk di depan, dimana dia bisa mematahkan rasa percaya kalian seketika. Langsung di waktu yang tidak akan pernah kalian bayangkan atau yang kalian perkirakan. Untuk itu jangan lah berharap pada orang lain. Di dunia ini, satu-satunya orang yang bisa kita harapkan yaitu hanya diri kita sendiri. Mau di momen atau saat apa pun. 

Kita kadang ingin sekali untuk tidak bergantung pada orang lain. Kita kadang ingin sekali untuk mengontrol perasaan kita akan urusan berharap dan bergantung pada orang lain. Tapi kadang perasaan itu terjadi begitu saja. Tanpa bisa kita control dan kita kendalikan. Karena itu adalah sifat bawaan dari setiap manusia. Jadi tidak ada salahnya dan wajar jika kita kadang sudah berusaha untuk tidak mengurus orang lain menjadi seperti kita inginkan menjadi seperti apa yang kehendaki. 

Kita hanya bisa mengarahkan seseorang menjadi atau berbuat sesuatu, memberikan insight yang baru. Sehingga orang pun akan mengerti apa maksud kita, dan bisa mempertimbangkan apa yang kita ucapkan dan kita sampaikan. Dan itu bisa mempengaruhi mereka dalam mengambil keputusan dan melakukan sesuatu kedepannya. Dan itulah yang bisa kita lakukan, daripada kita memaksa mengontrol seseorang berbuat dan menjadi seperti yang kita mau dan kita kehendaki.