Kadang Ada Kalahnya Beberapa Hal Tidak Harus Diungkapkan Dengan Kata-Kata

Ada beberapa hal di dunia ini yang bisa dijelaskan, ada juga yang tidak bisa dijelaskan. Hanya bisa dirasakan langsung oleh manusia. Mungkin untuk soal ilmu pengetahuan, untuk beberapa hal kita masih bisa jelaskan dengan kata-kata atau bisa digambarkan sehingga kita bisa memahami. Entah dengan tanda atau simbol pun kita sudah bisa mengerti maksudnya apa. Tapi ada beberapa hal tidak semudah itu untuk dijabarkan. 

Kadang Ada Kalahnya Beberapa Hal Tidak Harus Diungkapkan Dengan Kata-Kata

Misalnya persoalan rasa. Perasaan adalah salah satu hal yang tidak bisa kita bisa jelaskan dengan kata-kata. Karena itu memang harus kita alami sendiri. Harus kita rasakan sendiri. Barulah kita tahu bagaimana rasanya. Jika tidak maka akan sulit. Akan sulit untuk menjabarkan semua itu. Mungkin kalau hanya sekedar perasaan senang, sedih, kecewa, marah, kita bisa jelaskan. Orang bisa mengerti, oh mereka sedang merasakan hal ini. Orang sedang merasakan perasaan tersebut. Tapi seberapa dalamnya, kita tidak pernah tahu. 

Bagaimana sebuah perasaan terjadi pada seseorang pun kita tidak pernah tahu. Misalnya seseorang yang sedang bahagia. Bagaimana perasaan bahagia itu bekerja untuk seseorang itu belum tentu dengan bagaimana perasaan bahagia bekerja di tubuh kita. Bisa saja saat kita bahagia, kita menjadi lebih semangat menjalani hari. Kita merasa kita sangat senang dan bisa senyum seharian. Tapi bisa saja pada orang lain, saat mereka bahagia, pikiran mereka lebih terbuka, lebih lancar dalam berpikir. Sehingga mereka bisa lebih cepat mengerjakan suatu hal. Bisa saja seperti itu. Berbeda orang, beda lagi efeknya.

Jadi kita tidak bisa pukul rata, bahwa saat seseorang merasa bahagia, dia akan seperti apa, atau saat sedih bisa seperti apa. Memperkirakan bisa saja. Seperti dampak umum yang diberikan dari suatu perasaan. Tapi bisa saja di orang lain ada tambahan dampak yang lainnya, atau ada beberapa dampak yang tidak berlaku pada beberapa orang. Layaknya sebuah obat, tidak semua obat cocok dengan semua orang. Ada beberapa obat cocok dan langsung bekerja di beberapa orang. Tapi ada beberapa orang yang tidak merasa kerja dari satu obat.