Pohon Jati, Kayu Favorite Masyarakat

Pohon jati yaitu pohon yang memiliki daun besar dari golongan Verbenaceae, yang mana kayu dari pohon jati ini menjadi salah satu kayu dengan tingkat mintat paling tinggi. Pohon jati merupakan sejenis pohon yang tergolong dalam genus Tectona Grandis, yang menjadi pohon penghasil kayu terbaik dan berkualitas tinggi.

Pohon tersebut diketahui memiliki ciri-ciri sebagai berikut: memiliki ukuran diameter batang yang besar yakni sekitar 0,9 – 1,5 , batangnya berbentuk lurus, dan dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian mencapai 30-40 meter, dan juga daunnya yang berukuran lebar, dimana daunnya tersebut dapat gugur ketika musim kemarau. Menariknya pohon jati ini dapat bertahan hidup di daerah tropis dengan suhu mencapai 27°C hingga 37°C.

Disaat musim kemarau pohon jati tersebut memang tidak pernah berdaun, dikarenakan didaerah dengan suhu yang panas itu bisa membuat daun pada pohon ini akan jatuh berguguran. Akan tetapi, jika pohon ini berada di tempat yang lembab, daun dri pohon ini akan tetap tumbuh dan menghijau. Jika pada akhir musim kemarau tiba, disaat musim hujan pertama turun, daun pada pohon jati tersebut akan kembali bermunculan.

Kayu pada pohon jati sangat banyak diminati oleh orang-orang karena mempunyai daya tahan yang kuat dan luar biasa. Banyak pengrajin perabotan ataupun karya seni lainnya yang menggunakan kayu jati sebagai bahan utamanya. Karena kayu jati sendiri memiliki banyak keunggulan dibanding kayu lainnya. Lalu apa saja keunggulan dari kayu jati ini? Berikut beberapa keunggulan menggunakan kayu jati:

Mudah Untuk Dirawat

Kayu jati tidak perlu sentuhan akhir atau juga perawatan yang ekstra untuk membuatnya bertahan selama beberapa generasi. Furnitur bahan kayu jati dapat dimulai dengan warna keemasan yang hangat, dan diakhirnya memudar menjadi patina abu-abu keperakan jika dibiarkan lama diluar ruangan.

Memiliki Zat Alami Anti Rayap

Kayu jati ini mengandung zat yang bisa mengusir serangga-serangga pemakan kayu atau rayap. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi para pecinta furniture berbahan kayu. Karena mereka tidak perlu menggunakan obat anti rayap lagi.

Kayu Ini Bersifat Fleksible

Kayu jati dapat dijadikan untuk berbagai macam jenis furniture. Baik itu meja, kursi, pintu, lemari. patung, dan lain-lain

Sekarang kita bisa tahu kenapa kayu ini menjadi kayu terfavorite bagi para pengrajin maupun masyarakat umum. Walaupun harganya terbilang mahal tetapi kualitas dari kayu jati ini menjadi salah satu yang terbaik.