Manfaat Bawang Bombay

Bawang bombay sangat populer dibanding bawang merah atau putih di luar negeri. Namun, di Indonesia sendiri bawang bombay kalah terkenalnya dengan bawang merah dan putih. Di Indonesia hampir semua makanan menggunakan bawang merah atau putih. Tapi tidak dengan bawang bombay, bawang bombay hanya digunakan sebagai pemanis saja. Bawang bombay sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu bawang bombay kuning dan bawang bombay merah. Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsi bawang bombay ini? Berikut manfaat yang bisa kita dapat dari mengonsumsi bawang bombay, diantaranya:

Bawang bombay tidak hanya untuk memberikan bau khas dan rasa sedap pada makanan. Namun, Kandungan gizinya dapat kita manfaatkan juga loh. Kandungan gizi yang terkandung dalam bawang bombay ini yang bagus untuk kesehatan diantaranya:
Air, Energi, Protein, Lemak, Abu, Karbohidrat, Serat, Gula, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Natrium, Seng, Tembaga, Mangan, Fluor, Selenium, Kolin, Folat, dan vitamin C, B1, B2, B3, B5, B6, E, dan K.

  • Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh
    Kandungan Selenium pada bawang berfungsi sebagai antioksidan dan antibiotik yang baik untuk tubuh. Dengan ini kandungan selenium dalam bawang bombay ini bagus dalam menjada imunitas tubuh.
  • Sumber Makanan Hampir Bebas Lemak dan Dengan Kadar Gula Rendah
    Kalori bawang bombay ini hanya sebesar 40 kcal/100gr nya. Jumlah lemak dalam bawang ini tidak berarti apa-apa karena bisa dibilang bahan masakan ini hampir bebas dari lemak. Kandungan gulanya pun hanya sebesar 4,24 g/100 gr nya.
  • Mencukupi Kebutuhan Vitamin C Sehari-harimu
    Kandungan Vitamin C pada bawang bombay ini cukup tinggi. Dalam 100 gr bawang bombay ini sudah terkandung 12% setara dengan kebutuhan vitamin C orang dewasa. Maka dari itu dengan mengonsumsi bawang bombay ini kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C mu.
  • Membantu Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol
    Vitamin B13 dan Asam Folat dalam bawang bombay memiliki fungsi menjaga kadar gula dalam darah, menyerap lemak, dan mengurangi kolesterol.
  • Menghambat Infeksi
    Bawang bombay memiliki sifat antibakteri, anticendawan, dan insektisida dimana hal ini sangat bagus dalam mencegah infeksi saat terluka. Caranya adalah dengan mengoleskan irisan bawang bombay ini pada permukaan kulit yang luka.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari bawang bombay ini. Dan Masih banyak lagi manfaat lainnya dari bawang bombay.