Apa saja komponen-komponen dalam infrastruktur teknologi informasi?

IT Infrastructure didefinisikan oleh Turban, Rainer, dan Potter sebagai fasilitas fisik, komponen teknologi informasi, layanan teknologi infromasi, dan manajemen teknologi informasi yang mendukung perusahaan. Sedangkan menurut Yohan Jati Waloeyo, IT Infrastructure adalah sumber daya teknologi Bersama yang menyediakan platform untuk aplikasi sistem informasi perusahaan atau organisasi. Jadi IT Infrastructure menjadi penunjang sumber daya teknologi untuk melakukan proses penyebaran informasi.

Komponen yang pertama adalah hardware komputer yang meliputi komputer server, notebook, PC desktop, smartphone. Hardware komputer sendiri memiliki peran yang sangat penting di teknologi informasi, karena berperan sebagai akses menuju teknologi informasi. 

Komponen kedua ada sistem operasi yang memiliki fungsi untuk mengatur sumber daya untuk menjalan program, baik dari perangkat keras, perangkat lunak, dan demon (suatu proses yang terjadi di background proses). Program aplikasi tidak akan bisa berjalan bila tidak ada sistem operasi. Contoh dari sistem operasi adalah Microsoft Windows, Android, iOS, Linux, Chrome, dan Unix. 

Komponen ketiga ada perangkat enterprise software, dimana data akan dikumpulkan lalu diolah dan disajikan. Data yang dikumpulkan tersebut merupakan data yang mendukung berjalannya aktivitas bisnis. Suatu perusahaan yang akan menerapkan perangkat enterprise software harus menetapkan fungsi sistem yang akan digunakan dan melakukan pemetaan proses bisnis awal ke proses yang ditetapkan dalam software. Contoh dari penyedia perangkat enterprise software adalah Oracle, Microsoft, SAP, dan iBM. 

Selanjutnya ada komponen manajemen dan penyimpanan data (database) yang berperan untuk mengelola dan mengatur seluruh data perusahaan agar data tersebut dapat diakses dengan mudah sehingga kegiatan bisnis menjadi lebih efisien. Sybase, Apache, SQL Server merupakan beberapa contoh dari software penyedia database. 

Lalu komponen berikutnya adalah platform telekomunikasi yang memiliki fungsi sebagai infrastruktur networking di suatu perusahaan. Platform ini biasanya disediakan oleh beberapa perusahaan jasa komunikasi data dan komunikasi dengan menawarkan fasilitas konektivitas yang luas, layanan komunikasi tanpa kabel (wireless), dan layanan akses internet. Contoh vendor platform telekomunikasi adalah Microsoft Windows Server, Linux, dan Cisco.

Platform internet merupakan komponen ke-enam dari IT infrastructure dimana platform internet ini memiliki peran yang penting sebagai penghubung antara satu komponen dengan komponen yang lain, jadi bila tidak ada internet maka komponen-komponen pada IT infrstructure tidak bisa terhubung dan proses bisnis tidak bisa berjalan.