Saat Kita Mengatakan Kita Lelah Bukan Berarti Mengeluh Tapi Hanya Sekedar Mengungkapkan

Kadang kita sudah tahu apa yang harus kita lakukan. Kita sudah tahu cara seperti apa yang harus kita gunakan untuk menyelesaikan masalah. Kita sudah tahu langkah apa yang harus kita lakukan selanjutnya. Tapi kita butuh tenaga untuk itu. Kita butuh semangat untuk melakukan hal tersebut. Sehingga kita butuh untuk istirahat sebentar, kumpulkan tenaga, keluarkan sedikit keluh kesah kita, agar terasa lebih ringan beban pikiran yang kita miliki dan kita siap untuk berdiri dan kembali berjuang. 

Saat Kita Mengatakan Kita Lelah Bukan Berarti Mengeluh Tapi Hanya Sekedar Mengungkapkan

Kadang saat kita sedang menghadapi sesuatu, kita sedang mendapat tantangan. Kita bisa melewatinya. Kita bisa menghadapinya. Tapi tidak semua bisa berjalan dengan baik. Seperti kita habis melewati hari yang panjang yang sangat melelahkan, tapi kita masih harus melanjutkan kegiatan kita sesampai di rumah. Kita masih harus lanjut membersihkan rumah, olahraga, dan bahkan ada undangan yang harus kita penuhi. Lelah pasti. Sehingga sampai di rumah setelah lelah seharian bekerja, kita akan duduk dulu istirahat sebentar. Minum segelas air, setelah itu baru kita kembali bangkit dan kembali ke rutinitas atau kegiatan yang harus kita lakukan. 

Semua orang butuh istirahat sebentar dalam melanjutkan kegiatan yang berat selanjutnya. Kalian tetap mampu menjalaninya, tapi kita membutuhkan istirahat yang cukup. Biar kita semangat lagi melanjutkan perjalanan kita. Seperti itulah kita bisa kita dengan mengurus menyelesaikan masalah kita. Kadang kita sudah lelah sekali, tapi kita harus menghadapi masalah kita, memang terasa lelah tapi kita tetap bisa melewatinya, kita mampu, hanya istirahat sebentar. Cara kita beristirahat bisa seperti keluarkan sebagian isi pikiran kita, mengeluarkan sekitar sebagian saja beban pikiran kita. Sehingga kita bisa lebih ringan untuk melangkah maju.

Dan bukan berarti saat kita mengeluarkan beban pikiran kita, dan saat kita mengatakan bahwa kita lelah. Bukan berarti kita mengeluh kita tidak bisa melakukan ini, atau mengeluh karena rumitnya masalah. Tidak, tapi kita hanya ingin mengungkapkan bahwa semua ini tidaklah mudah, dan kita lelah. Tapi kita bisa melewatinya. Kita akan melewatinya, kita sanggup.  Hanya saja kita butuh waktu untuk bernapas dulu dan mengumpulkan tenaga dulu.