Manfaat Daun Sereh

Daun sereh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang belum semua orang ketahui. Sereh sendiri biasanya digunakan sebagai bahan penyedap masakan karen daun ini mengahasilkan aroma dan rasa yang khas. Namun sereh tak hanya digunakan sebagai bahan penyedap makanan sjaa loh. Daun sereh kini bisa juga digunakan sebagai obat herbal yang baik untuk kesehatan.

Sereh sendiri memiliki sifat antibakteri, antipiretik, antiinflamasi, antioksidan, antijamur, diuretik, analgesik, dan antidepresan. Sereh mengandung berbagai nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin C, zat besi, tembaga, potasium, magnesium, kalsium, folat, dan mangan.

Di kalangan industri sendiri, sereh biasanya dimanfaatkan untuk bahan pembuatan minyak atsiri. Minyak ini bisa digunakan untuk mengusir nyamuk atau serangga kecil lainnya karena minyak sereh ini mengandung sitronela.

Selain manfaat diatas, sereh kini bisa dimanfaatkan untuk keperluan kesehatan tubuh kita. Lalu apa saja manfaat dari daun yang beraroma khas ini? Mari kita simak ulasan berikut:

  • Sebagai Antimikroba
    Rebuslah daun sereh yang telah dibersihkan, lalu saring lah air rebusannya. Air rebusan sereh ini dapat digunakan sebagai obat infeksi mulut dan permasalahan sakit gigi lainnya. Selain rebusan airnya, minyak atsiri dari daun sereh ini iuga bisa melawan bakteri penyebab kerusakan gigi yaitu Streptococcus mutans.
  • Sumber Antioksidan
    Sereh mengandung antioksidan berupa isoorientin, asam klorogenat, dan swertiajaponin. Kandungan ini mampu mencegah disfungsi sel dalam arteri koroner. Antioksidan sendiri berfungsi guna melawan radikal bebas dalam tubuh kita.
  • Mengurangi Peradangan
    Manfaat sereh selanjutnya adalah sebagai obat anti peradangan. Senyawa yang terdapat pada daun sereh ini mampu menghentikan pelepasan yang bisa menyebabkan peradangan. Senyawa itu berupa citral dan geranial. Contoh penyakit peradangan adalah sakit tenggorokan, flu, dan juga pencernaan.
  • Sebagai Obat Diare
    Sereh juga bisa digunakan untuk Detoksifikasi Tubuh. Karena sifat diuretiknya ini yang dapat melancarkan masalah pencernaan. Diuretik sendiri berguna dalam membantu membersihkan organ ginjal kita dan meningkatkan sistem kerja ginjal. Caranya adalah meminum air rebusan sereh ini seperti kamu mengonsumsi Teh.
  • Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Manusia
    Kandungan kalium yang tinggi pada daun sereh ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada manusia. Karena kalium sendiri bertugas untuk meningkatkan daya kerja produksi urine dalam tubuh, yang mana bisa membantu sirkulasi darah manusia.
  • Meredakan Gejala Menstruasi Pada Wanita
    Saat sedang mengalami menstruasi, bagian perut wanita akan terasa keram, dan hal ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Air rebusan sereh bersifat antiinflamasi dan menenangkan tegang otot yang mana bisa mengatasi keram perut saat menstruasi tiba.

Itulah beberapa manfaat dari daun sereh yang mungkin belum banyak orang ketahui.