Makanan Khas Kalimantan

Kalimantan merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia atau disebut juga sebagai Borneo pada masa kolonial . Kalminantan merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di sebelah Utara Pulau Jawa . Kalimantan memiliki banyak sekali lokasi wisata yang sangat indah dan bagus untuk di kunjungi . Kalimantan juga disebut juga sebagai pulau seribu sungai karena Kalimantan memiliki bentangan sungai yang sangat banyak .

Selain terkenal akan lokasi wisatanya Kalimantan juga memiliki banyak sekali lokasi wisata kuliner yang tidak kalah menarik . Dan tentunya makanan khas yang ada di Kalimantan sangat mengugah selera dan tentunya sangat enak . Jika anda ingin berlibur ke Kalimantan kita akan merekomendasikan kepada anda beberapa makanan khas yang harus anda cobai jika berkunjung ke Kalimantan . Mari dicatat .

  1. Ketupat Kandangan

    Ketupat kandangan merupakan makanan khas dari kalimantan ketupat ini beda dengan ketupat pada umumnya . Ketupat ini lenih otentik pada umumnya ketupat di santap bersama ayam atau daging lainnya tetapi ketupat kandangan ini di santap dengan ikan sungai yang sebelumnya di pangang dulu sebelum di masak dengan kuah santan .
  2. Manday

    Manday merupakan makanan khas dari Kalimantan yang mirip dengan gudeg yang membedakan adalah gudek menggunakan nangka sedangkan manday menggunakan buah cempedak yang mirip dengan nangka . Cara pengolahannya juga berbeda manday sebelum disajikan dia diasinkan terlebih dahulu beberpa hari kemudian mandai baru digoreng dan bisa di santap sebgai cemilan atau dicampur dengan nasi .
  3. Pengkang

    Kue pengkang merupakan kue yang berasal dari Kalimantan kue ini mirip dengan kue Lemper . Yang membedakannya adalah kue ini memiliki isian udang ebi dan biasannya kue ini di cocol dengan sambalĀ  kerang yang pedas .
  4. Soto Banjar

    Soto Banjar merupakan makanan khas Banjar soto Banjar hampir sama dengan soto pada umumnya . Yang membedakan adalah kuahnya yang kuning bening dan dimasak dengan kayu manis karena soto pada umumnya tidak di masak dengan kayu manis . Jadi soto ini memiliki rasa dan aroma yang khas .

Itulah beberapa makanan khas yang berasal dari Kalimantan anda harus mencobanya jika berkunjung ke Kalimantan .

Anda mungkin juga suka...