Buah jambu air sangat gampang di temukan di halaman depan rumah yang menanam tanaman buah jambu air di indonesia. Buah jambu air memiliki kandungan air yang sangat banyak sesuai dengan namanya. Buah jambu air bisa dimakan secara langsung atau di campur dengan buah rujak lainnya. Biasanya buah jambu air lebih banyak tumbuh saat musim hujan. Kandungan dalam buah air seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, potasium, myricetin, serat, hexhydroxyflavone, fenolik, dan flavonoid. Lalu apa saja manfaat dari semua kandungan yang terdapat dalam buah jambu air? Mari simak berikut ini :

  • Mengatasi Peradangan

Jambu air memiliki kandungan flavonoid yang bersifat aktif sebagai antioksidan untuk mencegah atau mengobati peradangan. Jika terjadi peradangan maka segera di atasi karena dapat memicu penyakit lainnya seperti kanker atau penyakit jantung. Maka dari itu di sarankan untuk mengkonsumsi jambu biji agar mencukupi asupan antioksidan dan bisa mencegah penyakit yang di sebabkan oleh peradangan.

  • Merawat Kesehatan Kulit

Jarang orang mengetahui bahwa jambu air memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan mempunyai kandungan antioksidan berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas. Radikal bebas bisa merusak sel-sel dalam tubuh seperti sel pada kulit. Jika kulit rusak maka menimbulkan masalah kulit seperti jerawat pada wajah, keropeng, atau penuaan dini.

  • Mengendalikan Gula Darah

Jambu air mempunyai kandungan flavonoid,fenorik, dan tanin yang bersifat antimikroba. Kandungan ini dapat mencegah atau mengobati infeksi seperti bakteri atau jamur. Selain itu, mampu membunuh mikroba dalam saluran pencernaan yang di sebabkan oleh cacing. Harus diingat sebelum mengkonsumsi buah jambu air sebaiknya di cuci terlebih dahulu.

  • Mencegah Kram Pada Otot

Jambu mempunyai kandungan mineral potasium yang efektif untuk mencegah atau mengatasi masalah kram pada otot dan penyebab otot sering kram adalah karena kurangnya asupan potasium. Maka dari itu di sarankan untuk mengkonsumsi jambu air karena mengandung potasium yang tinggi. Haruslah di konsumsi secara rutin agar pekerjaan berat atau beraktivitas lebih aman.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *