investigateur.info – Barcelona merupakan tim raksasa spanyol yang dikenal sebagai rival abadi Real Madrid. Meskipun sama sama klub raksasa namun Barcelona masih kalah jauh dari Real Madrid soal Pendapatan dan Pengeluaran. Barcelona selama periode 2018 s/d 2019 mencatatkan keuntungan lebih dari 60 Miliar saja.

Meski demikian Barcelona mampu menjalani musim 2018/19 dengan baik dan mempertahankan gelar La Liga. Namun tetap saja Barcelona mengalami kekecewaan berat setelah gagal mendaratkan piala Liga champion & Copa Del Rey ke Camp Nou.

Tercatat Barcelona mendapatkan pendapatan yang berangsur-angsur naik. Dilansir dari Marca, Barcelona berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar 990 juta Euro dalam perjalanan musim 2018/19. Nilai tersebut bisa didapatkan dari berbagai sumber, salah satunya kontrak kerja Barcelona dengan berbagai Sponspor.

Sponsor Utama hingga kini adalah Rakuten. Salah satu sponsor terbesar yang meletakkan nama perusahaannya di Jersey Barcelona. Rakuten sendiri terikat kontrak dengan Barcelona dengan nilai kisaran 230 juta euro. Sementara itu ada juga Sponsor BEKO  yang ikut berpartisipasi dengan nominal 53 Juta Euro.

Akan tetapi, Barcelona mengkonfirmasikan bahwa mereka mengalami pembengkakan pada nominal pengeluaran tim. Salah satunya dengan Gaji pemain yang tinggi hingga pemotongan pajak dan biaya administrasi. Terhitung dengan segala potongan tersebut Barcelona hanya mampu menerima keuntungan bersih 50 miliar saja.

Nominal tersebut tergolong turun apabila dibandingkan dengan pendapatan musim lalu.

Pemain Bergaji Tinggi Yang Gagal Bersinar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Barcelona merupakan klub yang tidak pernah menghamburkan uangnya dengan membeli pemain-pemain top eropa dengan harga tinggi. Mereka biasanya selalu memasok pemain muda bertalenta dari Akademi La Masia, Namun belakangan ini Barcelona seakan-akan ingin menunjukan taringnya dengan ikut memanaskan jendela transfer musim panas ini.

Seperti kasus kepergian Neymar dari Barcelona ke PSG, Barcelona mampu mendapatkan keuntungan bersih hingga 230 Juta Euro. Uang tersebut ternyata digunakan Barcelona untuk menggaet Pemain Sayap Liverpool Philipe Coutinho & Ousmane Dembele dari Rennes.

Kedua pemain tersebut merupakan contoh nyata investasi gagal milik Barcelona. Kini para supporter tengah menanti keajaiban dari Antoine Griezmann, Mereka berharap bahwa dengan didatangkannya Griezmann ke Camp Nou dapat memberikan suatu kehidupan menarik yang lain.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *