Banyak negara yang memiliki olahan makanan dengan berbahan dasar nasi gurih yangpopuler, seperti Indonesia yang terkenal dengan nasi uduk, kemudian Malaysia terkenaldengan nasi lemak, dan singapura juga tidak kalah yaitu terkenal dengan nasi hainam.

Namun nasi hainam di indonesia sudah tidak asing lagi bagi masyarakat suku tionghoa.Nasi hainam merupakan nasi yang di masak dengan di campurkan minyak ayam, kalduayam, daun pandan, dan juga jahe.Beras yang dipakai untuk nasi hainam juga tidak boleh asal menggunakan sembarangberas, agar nasi hainam yang di hasilkan lebih nikmat dan gurih.

Menurut Wee Nam Kee yang merupakan kepala chef, beras yang cocok di pakai untukmembuat nasi hainam adalah beras yang saat di masak tidak pulen, tapi juga tidak terlalupera.Salah satu rekomendasi beras dari kepala chef tersebut adalah Long Grain atau bulirpanjang, jika kualitas beras tersebut memang bagus, beras tersebut bisa langsungdimasak dengan memakai rice cooker.

Rasa nasi hainam yang gurih tidak perlu menggunakan penyedap, karena rasa tersebutdidominasi oleh rasa kaldu ayamnya. rasa nasi hainam juga tidak berat seperti nasi uduk,karena nasi hainam di masak tidak menggunakan santan.nasi hainam dominan di santap dengan menggunakan ayam rebus atau ayam gorengcelup bumbu di tambah dengan kuah bening. Dan hal yang perlu di ingat adalah nasihainam lebih cepat basi di bandingkan dengan nasi putih karena nasi hainam banyakcampuran bumbu dan juga minyak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *