Dalam dunia gadget, backup data memang sudah hal lumrah yang sering dilakukan. Sayangnya masih banyak pengguna gadget yang tidak paham bagaimana cara melakukan backup data di gadget kesayangan mereka, khususna Xiaomi. Padahal caranya cukup sederhana loh gadgeters. Mau tahu bagaimana caranya? Simak saja artikel ini sampai tuntas ya.

Cara pertama, lakukan backup secara langsung melalui gadget Xiaomi kalian

Xiaomi sendiri sudah dilengkapi dengan OS atau Operating System buatan mereka sendiri yang memudahkan setiap penggunanya dalam melakukan backup data. Caranya cukup mudah, sobat tinggal masuk ke menu setting atau pengaturan, lalu pilih pilihan additional settings dan pilih menu backup and reset. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, sobat pilih local backup dan tekan tombol back up pada bagian bawah layar. Setelah sobat memilih pilihan itu, sobat tinggal menentukan data mana saja yang nantinya ingin kalian backup. Cukup mudah bukan?

Cara kedua, gunakan Mi Cloud

Xiaomi juga dilengkapi dengan akun keamanan yang disebut sebagai Mi Cloud. Disini kita memiliki banyak fitur yang bisa digunakan salah satunya untuk melakukan backup. Hal ini hampir mirip cara kerjanya dengan Apple ID dimana kita bisa mengatur beragam hal melalui satu akun.

Carana mudah, pertama tama kalian masuk ke menu pengaturan atau setting dan pilih menu Mi Account, kalian tinggal sign in menggunakan Mi account kalian. Jika sudah sign in, pilih menu Mi Cloud. Sinkronkan seluruh data yang ingin di backup dan tunggu hingga selesai.

Cara ketiga, install aplikasi third party

Banyak aplikasi di playstore yang menyajikan fitur backup data, kita ambil contoh google drive maupun Dropbox. Kalian tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera kalian saja.

Cara keempat, backup data melalui PC / Laptop

Kalian tinggal menghubungkan gadget kalian ke PC / Laptop. Setelah itu kalian tinggal menginstall aplikasi Mi PC Suite, cara kerjanya mirip dengan Itunes milik Apple. Disini kalian tinggal memilih menu My Device dan lakukan backup ke PC / Laptop milik kalian. Kalian juga bisa berbagi melalui USB dari smarphone ataupun menggunakan Wifi.

Gimana sob, mudah bukan cara backupnya. Sangat dianjurkan untuk melakukan backup secara rutin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hayoo sudah backup belum. kalau belum buruan deh di backup daripada nanti kehilangan data di gadget tercinta kalian sob.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *